Bali dan Pikiran Random di Kepala

Ketika aku menulis post ini bis yang membawa aku dan rombongan angkatan jurusan pada studi ekskursi jurusan tengah membawa kami meninggalkan Pulau Dewata menuju Jogjakarta. Mbok Putu selaku tour guide bis 2, bis yang mengangkut aku dan teman-teman, baru saja mengucapkan selamat tinggal pada kami. Yap, perjalanan di Bali selama 3 hari 2 malam alhamdulillah telah selesai dengan berbagai keadaan yang terjadi di dalamnya.

Apa yang aku pikirkan tentang Bali?

Salah satunya, panas. Mataharinya sangat panas dan terik menusuk kulit hingga kami yang baru saja keluar dari bis sudah dapat menebak nasib kulit kami yang nanti akan menghitam meskipun spf 50 telah dioleskan di seluruh permukaan kulit yang tampak.
Lalu aku berpikir…
Coba lihat, Bali bukanlah tempat yang memiliki suhu paling panas di bumi bukan? Apa bukan ya?
Bali bukanlah sepanas-panasnya api yang ada di bumi bukan? Lalu ketika aku melihat banyak teman-teman yang mengeluhkan panasnya Bali, aku berpikir, tidakkah mereka memikirkan bagaimana rasanya ketika matahari berada satu mil di atas kepala mereka? Ya, maksudku memang ketika seluruh manusia yang hidup di bumi dari awal hingga akhir zaman dikumpulkan di Padang Mahsyar tanpa alas kaki maupun pakaian.

Atau mungkin yang paling familiar adalah panasnya api neraka. Seluruh manusia yang beriman pastinya mengimani bahwa neraka itu ada dengan apinya yang jauh lebih panas dari api yang ada di bumi. Banyak yang percaya, namun tidak semuanya merasakan bahwa mereka bisa jadi dapat merasakan rasanya disiksa api neraka. Seolah-olah mereka tidak akan pernah mati dan segala perbuatan mereka tidak akan pernah dipertanggung jawabkan bahkan hal kecil sedikit pun. Dunia memang hanya senda gurau dan permainan belaka bukan? Dan manusia memang sangat suka bersenang-senang hingga tertipu bahwa kehidupan setelah mati itu jauh lebih baik.

Ah, aku yang banyak dosa ini bisa apa? Istighfarnya saja lebih banyak Rasulullah daripada aku, padahal beliau sudah dipastikan masuk surga.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s