Orang Bilang Itu Passion

Sejujurnya aku mengalami kesulitan menentukan judul yang tepat untuk tulisan yang ini. Tapi kalau dipikir-pikir memang hal ini ada kaitannya dengan Passion. Apa itu Passion? Mengapa Passion menjadi hal yang penting? Benarkah kita membutuhkan Passion dalam hidup?

Sebelum memulai, harus kuingatkan, apa yang tertulis di bawah sini hanyalah sekelebat pemikiran yang tanpa sengaja ada di kepalaku ketika aku sedang termenung memikirkan hidup, ini serius.

Aku sangat yakin sebagian besar orang sudah tahu apa itu Passion. Beberapa orang bisa jadi mengaitkan Passion sebagai hobi atau minat. Dari beberapa tulisan yang aku baca dan omongan yang aku dengar, jika disimpulkan, Passion merupakan hal-hal yang ketika melakukannya seseorang tidak merasa letih, tidak memikirkan uang, tapi tentu saja tetap menghasilkan sesuatu, dan orang tersebut melakukan hal itu dengan penuh gairah. Pokoknya hal tersebut dilakukan atas dasar kesenangan dalam melakukannya.

Lalu, apa Passion penting?

Dalam pandanganku yang seorang mahasiswa ini, memilih jurusan untuk jenjang pendidikan tinggi mengambil peran yang besar pada kehidupan pascakampus. Karena pada akhirnya kamu akan bergelut dalam bidang itu terus menerus. Ketika kamu tidak memiliki minat atau passion pada bidang itu, kamu akan lelah bahkan untuk melihat literatur yang berhubungan dengan itu, apalagi jika kamu harus melakukan hal itu setiap hari.

Banyak dari teman-temanku yang pada akhirnya memilih jurusan dengan standar yang penting diterima, yang penting di universitas x, yang penting orang tua ga bawel dan standar-standar lainnya tanpa mempedulikan apa yang sebenarnya ingin mereka lakukan. Alhamdulillah kalau ketika melakukan hal itu ternyata jodoh, maksudnya bukan jodoh yang itu, dan ternyata malah menemukan Passion yang belum ditemukan sebelumnya, dan bertemu jodoh yang sebenarnya, kalau tidak?

Pada akhirnya, kebanyakan dari mereka yang seperti itu akan merasa berat ketika melakukan pekerjaan di bidang yang ia geluti. Oke, mereka tidak merasa terbebani, mereka pintar dan cerdas sehingga mereka tidak merasa berat menjalani pekerjaannya, mereka tidak merasa keberatan sama sekali dan bisa menganggap hal itu menyenangkan. Bagaimana jika begitu?

Di bidang yang bukan Passionnya saja dia bisa seperti itu, apalagi jika ia bekerja di bidang yang merupakan Passionnya.

Ia dapat mempelajari hal-hal yang lebih dalam di bidang itu. Ia dapat melakukan inovasi baru dalam bidang itu, membuat sesuatu yang belum pernah dibuat orang sebelumnya. Dia dapat melakukan hal-hal tersebut dengan cara yang lebih efektif dan efisien daripada yang lain. Kualitas dia mempelajari dan menghasilkan sesuatu bisa jadi lebih baik dibanding yang lain.

Hal itu karena stimulus untuk mengerjakan hal-hal itu sangat kuat. Ia senang melakukannya dan akan selalu bersemangat untuk melakukan hal-hal yang berkaitan dengan hal itu tanpa mempedulikan siang dan malam meskipun hal itu sulit awalnya bagi mereka. Kamu tidak akan tahu, inovasi apa yang akan dibuat seseorang yang benar-benar menghayati apa yang dia kerjakan dengan penuh gairah.

Dan yang terpenting, ia akan melakukan hal tersebut dengan hati senang.

Aku termasuk orang yang bekerja di bidang yang bukan merupakan Passionku. Aku bukannya tidak suka atau membenci bidang itu, biasa saja, aku masih bisa mempelajari itu dan tidak tertinggal dalam kelas, namun cara aku menjalani pembelajaran di kampus berbeda dengan orang yang memiliki Passion di bidang itu. Teman-temanku yang memiliki Passion di bidang itu tidak lelah sama sekali mempelajari hal-hal baru yang sedang dikembangkan dalam bidang itu dan selalu punya waktu lebih untuk lebih mempelajari segala hal yang berada di bidang itu, meski hal yang dipelajari tersebut tidak pernah disebutkan di dalam kelas. Berbeda denganku yang hanya mempelajari sebatas yang aku butuhkan untuk mendapat nilai baik dan menyelesaikan tugas.

Maka dari itu, hal yang paling membuatku iri adalah ketika melihat seseorang bekerja di bidang yang mereka sukai dengan semangat dan gairah yang besar. Karena aku dapat melihat semangat mereka yang terpancar dari matanya, Ini ga lebay, dan aku tidak bisa merasakan hal itu ketika melakukan pekerjaanku.

Di samping itu, aku yakin, banyak juga orang-orang yang ingin mengikuti Passionnya namun ternyata takdir dan kebutuhan berkata lain. Tentu saja manusia dapat menginginkan dan merencanakan banyak hal, namun yang pasti terjadi tetaplah rencana Tuhan. Maka dari itu, tidak usah bersedih kalau sesuatu tidak sejalan dengan apa yang kamu inginkan. Tetap bersemangat dan tetap bertanggung jawab karena tetap bersedih seperti itu tidak akan menyelesaikan apapun. Selain itu, kamu masih memiliki solusi lain kok.

Apa solusinya?

life

Ini adalah screenshoot dari salah satu Webtoon kesukaanku yaitu Annarasumanara. Webtoon ini berkisah tentang seorang gadis miskin yang ditinggal orangtuanya karena masalah hutang dan tinggal berdua dengan adiknya. Ia sebenarnya sangat ingin menjadi pesulap, namun tentu saja, kebutuhan hidup membatasi keinginannya itu. Webtoon ini mengambil tema drama yang memang sangat relatable dengan masalah kehidupan yang berkaitan dengan mimpi dan tujuan hidup. Sangat recommended.

Well,

Yang ingin aku katakan adalah, teruslah lakukan hal yang membuatmu senang itu dan teruslah berkarya di sana. Bisa saja kamu akan menemukan sesuatu di sana. Kamu juga dapat menjadikan Passionmu itu sebagai pekerjaan tambahan bukan? Atau mungkin pekerjaan utama? Yah, memang tidak sedikit lulusan perguruan tinggi yang mengambil pekerjaan yang menyimpang dari jurusannya. Hal itu terbukti ketika aku melihat buku kenangan alumni salah satu institut pendidikan tinggi terkenal di Indonesia angkatan 1970, angkatan Ayahku, dan disana terpampang nama alumnus dan berbagai pekerjaannya yang beberapa memang menyimpang dari jurusan yang diambil. Semua tergantung pada kesempatan yang tersedia dan kembali lagi pada kesukaanmu dalam melakukan pekerjaan itu.

Jadi, apakah kita membutuhkan Passion dalam hidup?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s